Selamat Datang di Website BANK NTTSUKU BUNGA DASAR KREDIT (SBDK) : 1. KREDIT KORPORASI 11.04%, KREDIT RITEL 12.23%, KREDIT MIKRO 11.08%, KREDIT KONSUMSI (KPR) 11.02%, KREDIT KONSUMSI (NON KPR) 14.51% 

Bank NTT Raih Penghargaan dari Majalah Investor 2016

Bank NTT Raih Penghargaan Bank Daerah yang Efisien dan Produktif 2016

Rentetan penghargaan terus diraih oleh Bank NTT. Kinerja cemerlang yang dicapai sepanjang tahun buku 2015 terus mendapat apresiasi dari berbagai kalangan. Setelah sebelumnya menyabet TOP BUMD Award 2016, TOP CEO BUMD 2016 dan TOP Pembina BUMD 2016 yang diselenggarakan oleh Majalah Business News dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI)  kali ini Bank NTT kembali meraih penghargaan dari Majalah Investor untuk kategori Bank Daerah yang Efisien dan Produktif. Penilaian yang diberikan oleh Majalah Investor didasarkan pada kinerja bank  pada tahun 2015 yang meliputi 12 aspek yaitu Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Loan (NPL), return on asset (ROA), return on equity (ROE), Net Interest Margin (NIM), Perbandingan Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Loan Deposit Ratio (LDR), pertumbuhan pendapatan bunga bersih, pertumbuhan pendapatan operasional selain bunga, pertumbuhan laba operasional, pertumbuhan kredit, dan rasio cost to asset.

Kinerja Bank NTT pada tahun buku 2015 bertumbuh secara signifikan dibandingkan tahun buku 2014. Total asset Bank NTT pada tahun 2015 adalah sebesar Rp. 9,7 Triliun naik 14,82 persen year on year. Pertumbuhan juga nampak pada Total DPK yang naik 16,07 persen atau 7,281 Triliun dibandingkan tahun lalu. Sedangkan total kredit yang telah dikucurkan sepanjang tahun 2015 tumbuh 19,28 persen atau sebesar  Rp. 6,559 Triliun. Sementara laba yang berhasil dibukukan adalah sebesar Rp. 258 Miliar atau naik 4,88 persen dibandingkan tahun 2014 sebesar Rp. 246 Miliar. Di tahun 2016 ini Bank NTT terus melakukan ekspansi pasar, salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memaksimalkan potensi pasar yang ada melalui penambahan jumlah jaringan kantor. Hingga periode triwulan I 2016 ini, Bank NTT telah memiliki jumlah jaringan kantor sebanyak 197 kantor.

Selain  melakukan kegiatan bisnisnya, Bank NTT turut pula terlibat terhadap masyarakat dan lingkungan. Keterlibatan ini terwujud lewat berbagai program Corporate Social Responsibility (CSR).  Sepanjang tahun buku 2015 Bank NTT telah berhasil merealisasikan  anggaran CSR nya sebesar Rp. 4,8 Miliar, naik drastis  295% dibandingkan realisasi CSR tahun buku 2014 yang hanya mencapai Rp. 1,2 Miliar. 

Ketua tim juri, Sigit Pramono yang juga sebagai ketua umum Perbanas mengatakan, bank-bank saat ini didorong untuk semakin efisien. Dengan semakin efisien, persaingan semakin sempurna, sehingga bank akan menurunkan suku bunga. Otomatis bank-bank yang efisien perlu diberikan insentif. Tak semua bank ikut diperingkat dalam penilaian. Ada tahapan seleksi awal yang disepakati dewan juri sebelum bank-bank ini dinyatakan layak ikut pemeringkatan. Poin-poin penting seleksi awal meliputi CAR minimum 10%, tidak mendapat opini disclaimer pada laporan keuangan tahun buku 2015, Giro Wajib Minimun (GWM) tidak kurang dari 8 (+ insentif LDR), laba operasional dan laba bersih 2015 positif, asset 2015 untuk Bank Umum Nasional dan BPD minimal Rp 1 triliun serta  tidak terkena sanksi otoritas. Dari 118 bank yang beroperasi sampai dengan Mei 2015, hanya 83 bank lolos seleksi awal untuk diperingkat.  Dengan demikian, ada 35 bank harus rela tidak diikutkan dalam pemeringkatan. Dari 35 bank tersebut, 16 bank lolos mendapatkan penghargaan, termasuk Bank NTT untuk special award.

Penyerahan penghargaan dari Majalah Investor ini berlangsung di Thamrin Nine - UOB Plaza - Jakarta, Kamis (2/6). Selain Direktur Utama Bank NTT Daniel Tagu Dedo, turut hadir dari Bank NTT Kepala Divisi Perencanaan & Corporate Secretary, Nasaruddin, Pemimpin Bank NTT Kantor Cabang Ende Thadeus Sola, Pemimpin Cabang Bank NTT Kantor Cabang Waikabubak, Rauna Bela Umbu Eda, dan Pemimpin Bank NTT Kantor Cabang Borong,  K. Johanis Tadoe. 

Prestasi yang diraih Bank NTT di tahun 2016 ini adalah prestasi dan kontribusi dari masyarakat NTT, para Pemegang Saham, Komisaris, para Kepala Divisi, Pemimpin Cabang dan seluruh karyawan/karyawati Bank NTT.

Melalui penghargaan ini atas nama PT Bank NTT mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, termasuk  Pemerintah Daerah Provinsi NTT, masyarakat NTT , para nasabah serta semua pihak yang telah bekerjasama dalam mendukung kemajuan dan perkembangan Bank NTT selama ini. (jr)

post1