Selamat Datang di Website BANK NTTSUKU BUNGA DASAR KREDIT (SBDK) : 1. KREDIT KORPORASI 10.99%, KREDIT RITEL 12.03%, KREDIT MIKRO 11.02%, KREDIT KONSUMSI (KPR) 10.95%, KREDIT KONSUMSI (NON KPR) 14.33% 

Bank NTT Launching Program Laku Pandai & Tabungan SIMPEL 2016

BANK NTT LAUNCHING LAKU PANDAI & SIMPANAN PELAJAR

Di penghujung tahun 2016 bertepatan dengan HUT Provinsi NTT ke-58 pada 20 Desember 2016  pemerintah Provinsi NTT, Otoritas Jasa Keuangan NTT dan Bank NTT kembali bersinergi lewat di- launching-nya Program Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (LAKU PANDAI) dan Program Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL) di Hotel Aston Kupang, Kamis (22/12). Acara tersebut ditandai dengan penandatanganan kerjasama sama secara simbolis antara Pemimpin Bank NTT KCU Kupang Bonefasius Ola Masan dengan kios Kasih Ibu dan Pemimpin Cabang Pembantu Kapan, Johanes C.Paly dengan kios Berkat selaku agen Laku Pandai Bank NTT di wilayah kota Kupang dan TTS. Selain itu juga dilakukan penyerahan simbolis mesin  Electronic Data Capture (EDC) Bank NTT oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya kepada tiga orang agen Laku Pandai Bank NTT serta penyerahan tabungan SIMPEL kepada beberapa pelajar tingkat SD hingga SMA oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Pusat bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya dalam kesempatan tersebut mengungkapkan bahwa kehadiran Laku Pandai akan semakin mendekatkan layanan jasa perbankan ke wilayah yang sulit dijangkau sedangkan Simpanan Pelajar (SIMPEL) akan memberikan kebanggaan dan rasa memiliki yang lebih bagi pelajar. Ia mengharapkan agar program Simpel dapat dilakukan secara konsisten dan lembaga keuangan selain berbisnis juga wajib melaksanakan kegiatan edukasi bagi masyarakat. Sementara itu Plt.Direktur Utama Bank NTT Eduardus Bria Seran berjanji bahwa Bank NTT akan memberikan warna tersendiri melalui kedua program tersebut.

Laku Pandai dan SIMPEL merupakan program yang diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai upaya pemerintah melalui Program Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SKNI) guna membuka akses layanan jasa keuangan bagi masyarakat dari berbagai kalangan. Dengan program Laku Pandai bank pelaksana cukup menunjuk kios-kios agen. Keberadaan para agen Laku Pandai akan memangkas jarak, biaya dan waktu yang dibutuhkan masyarakat dalam mengakses jasa bank. Menjadi agen Laku Pandai juga memberikan pemasukan tambahan. Sementara SIMPEL (Simpanan Pelajar) adalah bagian dari Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) guna meningkatkan tingkat pemanfaatan dan literasi  keuangan sejak dini di kalangan pelajar.

Anggota Dewan Komisioner OJK Pusat bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan bahwa  saat ini infrastruktur perbankan yang ada di Indonesia sudah cukup memadai, yang menjadi persoalan adalah masih rendahnya tingkat inklusi dan literasi masyarakat terhadap layanan jasa keuangan. Survey OJK pada tahun 2013 menunjukkan bahwa indeks inklusi keuangan nasional sebesar 59,7 persen dengan tingkat literasi sebesar 21,8 persen. Sementara data dari Bank Dunia menunjukkan inlusi keuangan Indonesia pada tahun 2014 hanya sebesar 36 persen. Untuk mengatasi persoalan tersebut pemerintah mengeluarkan Perpres agar pada tahun 2019 indeks inklusi keuangan nasional bisa naik ke level 75 persen dari data Bank Dunia tahun 2014. Sedangkan kehadiran SIMPEL diharapkan dapat membangun budaya menabung sejak dini kepada pelajar. Saat ini NTT memiliki 7.117 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 1.317.998 siswa dari total populasi NTT 5,2 juta jiwa sehingga nantinya SIMPEL dapat mencakup 20 persen dari penduduk NTT.

Pada kesempatan yang sama tersebut juga dilaksanakan pengukuhan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) dan Satuan Tugas Waspada Investasi oleh Provinsi NTT oleh Gubernur NTT Frans Lebu Raya. TPKAD Provinsi NTT merupakan yang ke-45 di Indonesia. Hingga sejauh ini sudah 28 provinsi, 10 kabupaten dan 7 kota yang memiliki TPKAD. Melalui sinergi antara OJK, BI, TPKAD, Satgas Waspada Investasi dan BPD NTT diharapkan percepatan pertumbuhan ekonomi di NTT dapat terwujud. (humasbankntt)

Tentang Program LAKU PANDAI & Tabungan Simpanan Pelajar (SIMPEL)

Layanan Keuangan Tanpa KantorDalam Rangka Keuangan Inklusif

(LAKU PANDAI)

Peserta merupakan Individu atau         badan hukum                                   

                                                

  INDIVIDU BADAN HUKUM
  Penduduk setempat. Berbadan hukum Indonesia yang diperkenankan melaksanakan kegiatan di bidang keuangan /memiliki retail outlet
  Memiliki kegiatan di lokasi sebagai penghasilan utama Memiliki kegiatan usaha di lokasi
  Memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi dan integritas Memiliki kemampuan, kredibilitas, reputasi dan integritas
     

Tabungan Simpanan

Pelajar (SIMPEL)

Merupakan siswa PAUD, SD,SLTP, SMA berusia 17 tahun ke bawah  
  Setoran awal Rp5.000,-  
  Tanpa biaya administrasi  
  Dilengkapi dengan fasilitas ATM  
  Tabungan atas nama siswa sendiri  
     

LAYANAN YANG DISEDIAKAN OLEH KIOS AGEN LAKU PANDAI BANK NTT

Penarikan Tunai

Penyetoran Tunai

Registrasi/Pembukaan Rekening Baru

Transfer

Pembayaran Listrik

Pembayaran Telepon

Pembelian Pulsa

post1